Senin, 31 Desember 2012

Negara Bagian California

California adalah sebuah negara yang terletak di Pantai Barat Amerika Serikat. Ini adalah jauh negara bagian AS yang paling padat penduduknya, dan ketiga yang paling luas (setelah Alaska dan Texas). Ini adalah rumah bagi daerah 2 dan 6 bangsa sensus terbesar statistik (Greater Los Angeles area dan San Francisco Bay Area, masing-masing), dan delapan dari lima puluh negara kota yang paling padat penduduknya (Los Angeles, San Diego, San Jose, San Francisco, Fresno , Sacramento, Long Beach dan Oakland). Ibukota adalah Sacramento.

California geografi berkisar beragam dari Pantai Pasifik di barat, ke pegunungan Sierra Nevada di timur - dari Redwood-Douglas-cemara hutan di barat laut, ke daerah-daerah Gurun Mojave di tenggara. Bagian tengah negara didominasi oleh Central Valley, daerah pertanian utama. California mengandung kedua poin tertinggi dan terendah di Amerika Serikat bersebelahan (Gunung Whitney dan Death Valley), dan memiliki garis pantai terpanjang ke-3 dari semua negara (setelah Alaska dan Florida). Gempa bumi adalah kejadian umum karena lokasi negara sepanjang Cincin Api Pasifik: sekitar 37.000 dicatat setiap tahun .

Nama California pernah menyebut area besar Amerika Utara diklaim oleh Spanyol yang mencakup banyak modern Amerika Serikat Southwestern dan semenanjung Baja California. Dimulai pada abad ke-18, daerah yang dikenal sebagai Alta California, terdiri dari California wilayah utara Semenanjung Baja, dijajah oleh Kekaisaran Spanyol sebagai bagian dari New Spanyol. Pada tahun 1821, Alta California menjadi bagian dari Meksiko setelah perang sukses untuk kemerdekaan. Tak lama setelah awal Perang Meksiko-Amerika pada tahun 1846, sekelompok pemukim Amerika di Sonoma mengumumkan California Republik independen di Alta California. Meskipun keberadaannya berumur pendek, benderanya menjadi prekursor untuk bendera negara saat California. Kemenangan Amerika di perang menyebabkan Perjanjian Guadalupe Hidalgo, di mana Meksiko menyerahkan Alta California ke Amerika Serikat. Wilayah Barat Alta California menjadi negara bagian California, yang mengaku sebagai negara 31 pada tanggal 9 September 1850.

The California Gold Rush awal tahun 1848 menyebabkan perubahan sosial dan demografis yang dramatis, dengan imigrasi skala besar dari Amerika Serikat dan luar negeri dan ledakan ekonomi yang menyertainya. Perkembangan penting dalam awal abad 20 termasuk munculnya Los Angeles sebagai pusat dari industri hiburan Amerika, dan pertumbuhan sektor, negara besar yang luas pariwisata. Abad ke-20-an melihat perkembangan teknologi dan sektor informasi, diselingi oleh pertumbuhan Silicon Valley (bagian dari San Francisco Bay Area). Industri makmur pertanian California juga muncul, setidaknya setengah dari buah segar yang diproduksi di Amerika Serikat sekarang dibudidayakan di California, dan negara juga mengarah pada produksi sayuran kontributor penting lain yang ekonominya termasuk aerospace, pendidikan,. dan manufaktur. Jika California adalah sebuah negara, itu akan memiliki perekonomian terbesar ke-8 di dunia  dan itu akan menjadi negara yang paling padat penduduknya ke-34.

The California Kata awalnya mengacu pada seluruh wilayah terdiri dari semenanjung Baja California Meksiko, AS saat negara bagian California, Nevada, dan Utah, dan bagian dari Arizona, New Mexico, dan Wyoming.

Nama California ini paling sering diyakini telah diturunkan dari surga fiksi dihuni oleh Amazon Hitam dan diperintah oleh Ratu Calafia. Kisah Calafia dicatat dalam sebuah karya 1510 The Adventures of Esplandián, ditulis sebagai sekuel Amadis de Gaula oleh Spanyol petualangan penulis Garci Rodríguez de Montalvo. Kerajaan Ratu Calafia, menurut Montalvo, dikatakan tanah terpencil yang dihuni oleh griffin dan binatang aneh lainnya, dan kaya akan emas .

Nama California adalah yang tertua yang masih hidup kelima nama tempat-Eropa di AS dan diterapkan pada apa yang sekarang ujung selatan semenanjung Baja California sebagai Pulau California oleh sebuah ekspedisi Spanyol yang dipimpin oleh Diego de Becerra dan Fortun Ximenez, yang mendarat di sana pada tahun 1533 atas perintah Cortés Hernán.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar