Senin, 31 Desember 2012

Keadaan Geofrafis California

California berdekatan Samudra Pasifik di barat, ke utara Oregon, Nevada dan Arizona ke timur, dan negara bagian Meksiko Baja California ke selatan. Dengan luas 160.000 mil persegi (414.000 km2), itu adalah negara terbesar ke-3 di Amerika Serikat dalam ukuran, setelah Alaska dan Texas. Kalau sebuah negara, California akan menjadi 59-terbesar di dunia dalam. daerah.

Di tengah-tengah negara terletak California Central Valley, dibatasi oleh pegunungan pesisir di barat, Sierra Nevada ke timur, Cascade Range di utara dan Pegunungan Tehachapi di selatan. The Central Valley adalah jantung pertanian California dan tumbuh sekitar sepertiga dari makanan bangsa.

Dibagi dua oleh Sungai Sacramento-San Joaquin Delta, bagian utara, Lembah Sacramento berfungsi sebagai DAS Sungai Sacramento, sedangkan bagian selatan, San Joaquin Valley adalah DAS untuk San Joaquin Sungai; kedua daerah berasal mereka nama dari sungai-sungai yang transit mereka. Dengan pengerukan, Sacramento dan San Joaquin Rivers tetap cukup dalam bahwa beberapa pedalaman kota-kota pelabuhan.

The Sacramento-San Joaquin Delta Sungai berfungsi sebagai hub pasokan air penting bagi negara. Air disalurkan melalui jaringan luas kanal dan pompa keluar dari delta, yang melintasi hampir panjang negara, termasuk Proyek Central Valley dan Proyek Air Negara. Air dari Delta menyediakan air minum selama hampir 23 juta orang, hampir dua-pertiga dari penduduk negara, dan menyediakan air untuk petani di sisi barat dari San Joaquin Valley. Kepulauan Channel yang terletak di lepas pantai selatan.

Sierra Nevada (Spanyol untuk "kisaran bersalju") termasuk puncak tertinggi di empat puluh delapan negara bagian yang bersebelahan, Gunung Whitney, pada 14.505 kaki (4421 m). Rentang mencakup Yosemite Valley, yang terkenal untuk kubah yang diukir glacially, dan Sequoia National Park, rumah bagi pohon sequoia raksasa, organisme hidup terbesar di Bumi, dan danau air tawar dalam, Danau Tahoe, danau terbesar di negara dengan volume.

Di sebelah timur dari Sierra Nevada adalah Owens Valley dan Danau Mono, sebuah habitat burung migran penting. Di bagian barat negara adalah Clear Lake, danau air tawar terbesar berdasarkan wilayah sepenuhnya di California. Meskipun Danau Tahoe adalah lebih besar, itu dibagi oleh perbatasan California / Nevada. Sierra Nevada jatuh ke suhu Arktik di musim dingin dan memiliki gletser beberapa lusin kecil, termasuk Palisade Glacier, gletser selatan di Amerika Serikat.

Sekitar 45 persen dari total luas permukaan negara ditutupi oleh hutan, dan keanekaragaman California spesies pinus tak tertandingi oleh negara lain. California mengandung hutan lebih dari negara lain kecuali Alaska. Banyak dari pohon-pohon di Pegunungan Putih California adalah yang tertua di dunia, satu Bristlecone pinus memiliki usia 4.700 tahun.

Di selatan adalah daratan raksasa danau garam, Laut Salton. Gurun tengah-selatan disebut Mojave,. Ke timur laut dari Mojave terletak Death Valley, yang berisi tempat terendah dan terpanas di Amerika Utara, Cekungan Badwater pada -282 kaki (-86,0 m). Jarak horisontal dari nadir Death Valley ke puncak Gunung Whitney adalah kurang dari 90 mil (140 km). Memang, hampir semua tenggara California gersang, padang pasir yang panas, dengan suhu tinggi ekstrim rutin selama musim panas. Perbatasan tenggara California dengan Arizona sepenuhnya dibentuk oleh Sungai Colorado, dari mana bagian selatan negara mendapat sekitar setengah dari airnya.

Sepanjang pantai California beberapa wilayah metropolitan utama, termasuk Jabodetabek Los Angeles, San Francisco Bay Area, dan San Diego area metropolitan.

Sebagai bagian dari Cincin Api, California dikenakan tsunami, banjir, kekeringan, angin Santa Ana, kebakaran hutan, tanah longsor di lerengan curam, dan memiliki beberapa gunung berapi. Ia melihat banyak gempa bumi karena beberapa kesalahan, khususnya Patahan San Andreas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar